Syarat dan Ketentuan

Ketentuan Penggunaan

Terima Kasih Pengguna telah mengunduh Aplikasi GDCPay. Aplikasi GDCPay adalah layanan aplikasi sebagaimana dimaksud dalam Syarat dan Ketentuan ini. Pada saat Pengguna mengunduh Aplikasi, Pengguna mengakui dan menyetujui bahwa Pengguna telah membaca dengan teliti, memahami, menerima dan menyetujui seluruh Syarat dan Ketentuan yang akan berlaku sebagai perjanjian antara Pengguna dengan PT GDC Multi Sarana, beserta rekanan PT GDC Multi Sarana yang tergabung dalam Layanan Aplikasi ini.

MOHON PENGGUNA MEMBACA DAN MEMAHAMI SYARAT DAN KETENTUAN KAMI DENGAN SEKSAMA SEBELUM MENGUNDUH APLIKASI ATAU MENGGUNAKAN LAYANAN KAMI UNTUK PERTAMA KALI-NYA.

Layanan yang tersedia untuk Pengguna pada Aplikasi GDCPay sangat-lah beragam, sehingga kami harus mencantumkan atau memberlakukan Syarat dan Ketentuan tambahan untuk keperluan Layanan tertentu, dimana persyaratan tambahan tersebut merupakan bagian dari Layanan kami dan akan tunduk dan terikat engan Syarat dan Ketentuan ini.

Kami berhak untuk setiap waktu mengubah, menambah, mengurangi, mengganti, menyesuaikan, dan/atau memodifikasi Syarat dan Ketentuan (baik sebagian ataupun seluruhnya). Untuk itu Pengguna diwajibkan untuk dari waktu ke waktu membaca Syarat dan Ketentuan yang kami sediakan melalui Aplikasi.

Apabila Pengguna tidak menyetujui atau tidak dapat terikat baik sebagian maupun seluruh syarat dan ketentuan ini, maka Pengguna tidak diperbolehkan untuk menggunakan GDCPay.

Syarat dan Ketentuan ini berlaku terhadap Pengguna maupun atas Transaksi atau atas penggunaan Layanan oleh atau melalui Akun Pengguna.

DEFINISI

Kecuali dinyatakan atau definisikan lain dalam syarat dan ketentuan yang lebih khusus maka istilah-istilah dibawah ini memiliki definisi sebagai berikut:

  1. “Aplikasi GDCPay” adalah aplikasi ini yang Pengguna unduh (download) sehingga Pengguna masuk pada Laman ini atau Syarat dan Ketentuan ini, yang saat ini dikenal dengan merek, nama, logo dan/atau Pengguna yang dikenal dengan “GDCPay”.
  2. “Akun” atau “Akun Pengguna” berarti identifikasi khusus yang dibuat di GDCPay berdasarkan permintaan pendaftaran Pengguna.
  3. “Data” berarti adalah setiap data, informasi dan/atau keterangan dalam bentuk apapun yang dari waktu ke waktu (termasuk pada saat Pengguna mengunduh (download) Aplikasi) Pengguna sampaikan kepada Kami/Penyedia Layanan atau yang Pengguna cantumkan atau sampaikan dalam, pada atau melalui Aplikasi.
  4. “Kami” adalah PT GDC Multi Sarana.
  5. “Data Pribadi Umum” adalah Data Pribadi yang bersifat umum dan tidak masuk ke dalam kategori Data Pribadi Spesifik/Sensitif, termasuk namun tidak terbatas pada; nama lengkap, nama gadis ibu, jenis kelamin, alamat, tempat dan tanggal lahir, nomor telepon, alamat email, pekerjaan, alamat IP, data geo-lokasi, pengenal perangkat unik, foto, nomor tanda pengenal yang diterbitkan oleh Otoritas Berwenang (seperti, antara lain; Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Ijin Mengemudi (SIM) atau paspor), kewarganegaraan, tanda tangan, serta profil dan nomor pengenal unik yang Kami keluarkan untuk Anda yang terkait dengan Data Pribadi Anda.
  6. “Layanan” berarti setiap layanan, program, jasa, produk, fitur, sistem, fasilitas dan/atau jasa yang disediakan dan/atau ditawarkan dalam atau melalui Aplikasi.
  7. “Layanan Pengguna (Call Center GDCPay)” adalah fungsi customer service center untuk Pengguna GDCPay yang dapat dihubungi lewat panggilan telepon dan/atau email.
  8. “GDCPay” adalah sistem elektronik (platform) yang dibuat oleh PT GDC Multi Sarana.
  9. “Pengguna GDCPay” adalah pengguna Aplikasi GDCPay.
  10. “Syarat dan Ketentuan” berarti Syarat dan Ketentuan ini berikut setiap perubahan, penambahan, penggantian, penyesuaian dan/atau modifikasinya yang dibuat dari waktu ke waktu.
  11. “Transaksi” berarti segala transaksi, kegiatan, aktivitas dan/atau aksi yang dilakukan dalam atau melalui Aplikasi, Akun dan/atau Kode akses dan PIN termasuk penggunaan Layanan atau fitur-fitur tertentu dalam Layanan atau Aplikasi.

PANDUAN SINGKAT

  1. Aplikasi GDCPay merupakan aplikasi perangkat lunak dimana seluruh instruksi yang Pengguna lakukan akan berasal dari mobile aplikasi atau online.
  2. Uang elektronik adalah alat pembayaran yang nilai uangnya dicatat dan disimpan dalam media elektronik dalam hal ini yaitu saldo GDCPay
  3. Aplikasi GDCPay dapat dioperasikan melalui smartphone (minimal Sistem Operasi Android 6.0 atau Marsmellow ke atas) dan dapat diunduh melalui Google Play Store.
  4. Untuk mengakses layanan GDCPay, Pengguna harus mengunduh dan melakukan instalasi aplikasi GDCPay di smartphone dan melakukan registrasi.
  5. Setiap nomor handphone hanya dapat digunakan untuk 1 akun GDCPay.
  6. Kode OTP (One Time Password) akan dikirimkan melalui SMS ke nomor telepon Pengguna yang melakukan pendaftaran.
  7. Untuk mencegah penggunaan akses oleh pihak yang tidak berwenang, Pengguna akan diminta melakukan otorisasi menggunakan 2 jenis informasi keamanan, yakni Kode Akses dan PIN, dimana informasi ini hanya di ketahui oleh Pengguna.
  8. Sebagai tindakan pengamanan, sebaiknya Pengguna menjaga kerahasiaan Kode Akses dan PIN agar hak akses tidak berpindah kepada pihak lain yang tidak berkepentingan. Disarankan juga untuk mengganti Kode Akses dan PIN secara berkala agar kerahasiaan data akses lebih terjaga.
  9. Penyelenggara memastikan kerahasiaan dan keamanan informasi diri yang Pengguna berikan terjaga dengan baik. Penggunaan data Pengguna akan kami lakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  10. Pengguna dapat menanyakan atau memberi masukkan kepada kami melalui Layanan saran dan kritik yang tertera pada aplikasi GDCPay. Pengguna juga dapat melakukan pengaduan berupa keluhan maupun pertanyaan dengan cara menghubungi Customer Service GDCPay. Cara melakukan pengaduan serta response time akan di jelaskan pada Syarat dan Ketentuan ini.
  11. Penyelenggara tidak pernah melakukan komunikasi dengan Pengguna terkait Kode Akses, PIN maupun OTP.
  12. Aplikasi GDCPay menawarkan 2 (dua) jenis klasifikasi Pengguna dengan jenis layanan GDCPay atau fitur-fitur layanan yang berbeda.

Perlindungan Data

  1. Kami akan berupaya sebaik mungkin untuk selalu menjaga keamanan dan kerahasiaan data dan informasi yang Anda serahkan kepada Kami maupun yang Kami kumpulkan dari Anda, terutama yang menyangkut data pribadi Anda dan aktivitas penggunaan Layanan GDCPay, yang diserahkan kepada Kami atau dikumpulkan oleh Kami untuk tujuan pendaftaran, upgrade, pengkinian data, penyampaian informasi, pengurusan klaim, analisa, pengembangan / peningkatan layanan, dan tujuan-tujuan lainnya sepanjang tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

  2. Dengan memberikan persetujuan Anda terhadap Syarat dan Ketentuan ini berarti Anda juga telah menyetujui Pemberitahuan Privasi yang dapat Anda akses, baca, dan pelajari melalui tautan berikut: Kebijakan Privasi. Mohon untuk membaca dan mempelajari dengan seksama seluruh ketentuan-ketentuan dalam Pemberitahuan Privasi tersebut agar Anda mengerti dan memahami bagaimana Kami melindungi dan memproses data dan informasi Anda.

  3. Dalam hal Kami mengubah ketentuan dalam Pemberitahuan Privasi tersebut maka perubahan tersebut akan diberitahukan kepada Anda paling lambat 30 (tiga puluh) hari kerja sebelum perubahan tersebut berlaku efektif, dan perubahan tersebut akan dilaksanakan dengan mengacu pada ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Pengkinian Data

  1. Kami menerapkan prinsip know your customer untuk tujuan keamanan dan pengawasan penggunaan Aplikasi GDCPay dan Layanan GDCPay, dan untuk tujuan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku terkait dengan anti-pencucian uang dan pendanaan terorisme.

  2. Kami menerapkan prinsip know your customer, salah satunya, dengan melaksanakan proses uji tuntas konsumen (customer due diligence) "CDD" atas data dan informasi Anda yang Anda serahkan kepada Kami untuk tujuan pendaftaran dan upgrade akun. Oleh karena itu, Kami harus memastikan bahwa data dan informasi mengenai diri Anda yang Anda serahkan kepada Kami merupakan data dan informasi yang terkini dan valid.

  3. Pengkinian data dilakukan dengan cara menyerahkan dokumen identitas (KTP/Paspor), swafoto, dan/atau rekam verifikasi gerak wajah Anda yang terbaru secara valid, benar, lengkap dan jelas.

  4. Apabila Anda melakukan perubahan atas data dan informasi yang telah Anda serahkan kepada Kami maka Anda wajib untuk segera menghubungi Layanan Bantuan Pengguna untuk melakukan pengkinian data.

  5. Anda juga wajib dengan segera melakukan pengkinian data, apabila Kami meminta Anda untuk melakukan pengkinian data berdasarkan salah satu atau lebih hal-hal di bawah ini:

    1. Temuan Kami atas perubahan atas data dan informasi Anda yang telah Anda serahkan sebelumnya kepada Kami.
    2. Temuan Kami atas indikasi perubahan pola transaksi (pembayaran atau transfer dana), ketidaksesuaian transaksi dengan profil Anda, atau peningkatan risiko yang signifikan atas hasil CDD Kami terhadap Anda selaku pengguna jasa Kami.
    3. Temuan Kami atas indikasi tindakan pencucian uang, pendanaan terorisme, dan/atau pelanggaran peraturan perundang-undangan yang berlaku.
    4. Alasan lainnya sebagaimana Kami informasikan kepada Anda pada saat Kami meminta Anda melakukan pengkinian data.
  6. Apabila Kami meminta Anda untuk melakukan pengkinian data karena alasan-alasan yang dimaksud dalam Angka 5 di atas maka Kami akan menginformasikan dan memberikan batas waktu untuk Anda melakukan pengkinian data.

  7. Apabila Anda gagal untuk melaksanakan pengkinian data secara valid, benar, lengkap, dan jelas setelah berakhirnya batas waktu yang dimaksud dalam Angka 6 di atas maka Kami berhak untuk men-downgrade klasifikasi akun Anda.

KLASIFIKASI PENGGUNA

Aplikasi GDCPay menawarkan 2 (dua) jenis klasifikasi Pengguna dengan jenis layanan GDCPay atau fitur-fitur layanan yang berbeda. Klasifikasi Pengguna tersebut adalah:

  1. Pengguna Belum Terdaftar
  2. Pengguna Belum Terdaftar merupakan pengguna Aplikasi GDCPay individu yang identitasnya tidak terdaftar dan tidak tercatat pada Sistem GDCPay. Klasifikasi ini memungkinkan Pengguna dapat menikmati fasilitas uang elektronik “Belum Terdaftar” dengan Maksimum saldo GDCPay adalah Rp 2.000.000 (Dua juta Rupiah). Untuk mendapatkan layanan yang lebih dari GDCPay, Pengguna dapat meng-upgrade status dari Pengguna Belum Terdaftar menjadi Pengguna Terdaftar, dengan fitur layanan GDCPay yang lebih beragam.

  3. Pengguna Terdaftar
  4. Pengguna Terdaftar merupakan pengguna Aplikasi GDCPay individu yang identitasnya terdaftar dan tercatat pada Sistem GDCPay. Klasifikasi ini memungkinkan Pengguna dapat menikmati fasilitas uang elektronik “Terdaftar”, dan fitur layanan lainnya yang dapat Kami tambahkan dari waktu ke waktu. Untuk Pengguna Terdaftar, maksimum saldo GDCPay adalah Rp 20.000.000 (Dua puluh juta Rupiah).

Berikut adalah tabel perbedaan antara Pengguna Belum Terdaftar dan Pengguna Terdaftar:

Pengguna Belum Terdaftar
Maksimum saldo GDCPay adalah Rp 2.000.000,-
Batas Nilai Transaksi dalam 1 bulan paling banyak Rp. 20.000.000,-
Maksimum nilai transaksi incoming Rp.20.000.000,-/bulan
Layanan:
  • Pembayaran Transaksi Pembelanjaan (di Merchant)
  • Pembayaran Tagihan
Dapat melakukan penutupan akun
Pengguna Terdaftar
Maksimum saldo GDCPay adalah Rp 20.000.000,-
Batas Nilai Transaksi dalam 1 bulan paling banyak Rp. 40.000.000,-
Maksimum nilai transaksi incoming Rp.40.000.000,-/bulan
Layanan:
  • Pembayaran Transaksi Pembelanjaan (di Merchant)
  • Pembayaran Tagihan
  • Transfer Dana
  • Tarik Dana
Dapat melakukan penutupan akun

BIAYA

Berikut adalah tabel biaya yang dikenakan ke Pengguna saat menikmati fitur GDCPay:

NoJenis LayananBiaya
1Biaya RegistrasiRp.0
2Biaya Bayar ke MerchantRp.0
3Biaya Transfer DanaRp.0
4Biaya Tarik DanaRp.2.500,00
5Biaya Top UpRp.1.500,00

FITUR PRODUK

  1. Pembayaran Transaksi Pembelanjaan
    1. Pembayaran transaksi pembelanjaan dilakukan sesuai kebutuhan Pengguna dan tidak ada batasan transaksi per hari selama tidak melebihi nilai transaksi maksimal selama 1 bulan.
    2. Tidak ada nominal minimal dalam melakukan pembayaran transaksi pembelanjaan.
  2. Pembayaran Tagihan
    1. Pembayaran tagihan dilakukan sesuai kebutuhan Pengguna dan tidak ada batasan transaksi per hari selama tidak melebihi nilai transaksi maksimal selama 1 bulan.
    2. Tidak ada nominal minimal dalam melakukan pembayaran tagihan. Pembayaran disesuaikan dengan nominal tagihan.
  3. Tarik Dana
    1. Tarik dana dapat dilakukan sesuai kebutuhan Pengguna dan tidak ada batasan transaksi per hari.
    2. Nominal tarik dana minimal Rp10.000 (sebelum pengenaan biaya tarik dana).
  4. Transfer Dana
    1. Transfer Dana dapat dilakukan sesuai kebutuhan Pengguna dan tidak ada batasan transaksi per hari.
    2. Tidak ada nominal minimal dalam melakukan transaksi Transfer Dana.

Jenis Produk

  1. GDCPay adalah saldo uang elektronik yang dapat digunakan untuk berbagai macam transaksi pembayaran.
  2. Pengguna dapat melakukan top up (atau menambah) saldo yang tersedia.

Transaksi GDCpay

  1. Transaksi hanya dapat dilakukan selama saldo GDCPay mencukupi;
  2. Setiap transaksi disimpan pada pusat data elektronik GDCPay, apabila terdapat perbedaan antara saldo GDCPay dan history transaksi yang tertera maka yang digunakan sebagai data acuan adalah data yang tersimpan pada pusat data elektronik GDCPay;

PENGGUNAAN DAN PENGELOLAAN DATA

  1. Setiap penggunaan Data Pengguna untuk kepentingan/keperluan tertentu wajib mendapat persetujuan terlebih dahulu, dengan demikian pengguna dengan ini menyatakan menerima informasi ini serta bertanggung jawab atas persetujuan yang diberikan.
  2. Pengguna dengan ini mengakui, memberikan izin dan menyetujui bahwa seluruh Data Pengguna yang Pengguna serahkan kepada Kami, baik secara langsung maupun tidak langsung, melalui penggunaan Aplikasi GDCPay, terekam dalam sistem kami. Dengan demikian Pengguna dengan ini mengakui dan menyetujui, memberikan izin serta memberikan kuasa bahwa Kami berhak untuk sepenuhnya mengumpulkan, menggunakan, mengelola, menganalisa, mengolah, menyimpan, mengakses, menginformasikan, memberitahukan, membagikan dan/atau menyampaikan sebagian atau seluruh Data kepada pihak manapun yaitu pada Penyedia Layanan, pihak afiliasi Kami maupun pihak lainnya yang memiliki kerjasama atau perjanjian dengan Kami, serta untuk melakukan tindakan apapun atas Data, antara lain untuk tujuan: (a) penyediaan, pemberian dan/atau peningkatan Layanan, (b) penggunaan Aplikasi, (c) pendaftaran keikutsertaan Pengguna sebagai Pengguna atau Layanan dan jasa yang disediakan dalam atau melalui Aplikasi, (d) pengadministrasian, pemrosesan dan/atau pengelolaan Akun (termasuk antara lain untuk keperluan verifikasi, validasi dan/atau pengelolaan Transaksi), (e) riset mengenai data demografis Pengguna Aplikasi, (f) pengembangan dan/atau pembaharuan Aplikasi, (g) pengiriman informasi yang Kami anggap berguna untuk Pengguna termasuk antara lain informasi tentang Layanan dan/atau Aplikasi maupun informasi mengenai Pembaharuan Sistem (atau bagian manapun daripadanya), dan/atau (h) pengembangan, peningkatan, pembaharuan, penggantian dan/atau penyediaan Layanan Sistem da/atau Aplikasi.
  3. Pengguna dengan ini menyatakan, menjamin dan mengakui secara tegas dan tidak dapat dicabut kembali bahwa penyerahan dan penyampaian Data Pengguna kepada Kami sebagaimana dimaksud butir I di atas tidak melanggar hak Pengguna maupun hak orang atau pihak manapun termasuk tetapi tidak terbatas pada hak kekayaan intelektual milik Pengguna maupun milik orang atau pihak manapun yang berkaitan dengan pribadi Pengguna.
  4. Pengguna berjanji tidak akan melakukan tindakan apapun yang dapat menyebabkan Kami tidak dapat memberikan informasi di atas. Untuk keperluan tersebut, dengan ini Pengguna juga membebaskan Kami. Persetujuan dan kuasa yang diberikan oleh Pengguna tidak dapat ditarik kembali sepanjang Pengguna melakukan transaksi online dengan Kami yang secara sah dapat dilakukan tanpa diperlukan tambahan surat persetujuan dan kuasa tersendiri dari Pemohon (Pengguna).
  5. Aplikasi GDCPay mempunyai hak untuk Mengumpulkan / mentransmisikan / menyinkronkan / menyimpan data [jenis data yang diperoleh melalui Kamera, Lokasi, Mikrofon dan Kontak pada perangkat] untuk mengaktifkan aplikasi pembayaran bahkan saat aplikasi ditutup atau tidak digunakan, Data tersebut juga digunakan untuk mendukung iklan.
  6. Jenis Data Pribadi yang Kami kumpulkan sesuai sifat layanan yang diminta atau transaksi yang dilakukan:
    1. Data Identitas termasuk nama, nama pengguna, kartu tanda penduduk, nomor pokok wajib pajak, identitas pengguna atau pengenal lainnya, jabatan, tanggal kelahiran, jenis kelamin, tempat kelahiran, pekerjaan, kebangsaan, foto dan/atau data biometrik.
    2. Data Kontak termasuk alamat (alamat), nomor telepon dan daftar kontak.
    3. Data Pembayaran meliputi rincian pembayaran atau transfer yang dilakukan melalui fasilitas uang elektronik dan/atau dompet elektronik yang disediakan oleh Kami seperti informasi yang berkaitan dengan penggunaan, pembayaran, rincian penerima (termasuk rincian rekening mereka), jumlah pembayaran yang dibayarkan, rincian tagihan, dan rincian faktur.
    4. Data Transaksi mencakup pembelian atau pesanan yang Anda lakukan.
    5. Data Perangkat mencakup data perangkat, diantaranya jenis perangkat yang Anda gunakan untuk mengakses Aplikasi, termasuk model perangkat keras, sistem operasi dan versinya, perangkat lunak.
    6. Data catatan (log) mencakup catatan pada server yang menerima data seperti alamat IP perangkat, tanggal dan waktu akses, fitur aplikasi atau laman yang dilihat, proses kerja aplikasi dan aktivitas sistem lainnya, jenis peramban (browser), dan/atau situs atau layanan pihak ketiga yang Pengguna gunakan sebelum berinteraksi dengan Aplikasi.
    7. Data Lokasi mencakup informasi lokasi geografis waktu-nyata (real-time) Anda.
  7. Kami dapat menggunakan Data Pribadi Anda:
    1. Untuk mengidentifikasi dan mendaftarkan Anda sebagai Pengguna dan untuk membuat, memverifikasi, menonaktifkan, atau mengelola akun Anda pada Aplikasi Kami;
    2. Untuk memfasilitasi atau memungkinkan verifikasi apapun yang menurut pertimbangan Kami diperlukan sebelum Kami dan/atau penyedia layanan memberikan layanan kepada Anda atau sebelum Kami mendaftarkan Anda sebagai pengguna, termasuk melakukan proses Mengenal Pelanggan (Know Your Customer - KYC);
    3. Untuk memungkinkan penyedia layanan untuk menyediakan layanan yang Anda minta;
    4. Untuk mengolah dan memfasilitasi pesanan dan transaksi pembayaran yang Anda lakukan, termasuk sebagaimana berlaku, transaksi yang dilakukan melalui rekening yang tersedia pada Aplikasi;
    5. Untuk memungkinkan Anda menerima pembayaran atau transfer dana yang ditujukan kepada Anda oleh pihak ketiga lainnya;
    6. Untuk memberitahu Anda atas tiap transaksi atau aktivitas yang terjadi dalam Aplikasi atau sistem lain yang terhubung dengan Aplikasi Kami;
    7. Untuk memfasilitasi penautan Akun GDCPay, jika Anda melakukan atau mengaktifkan penautan Akun atau Akun GDCPay dengan platform pihak ketiga mana pun;
    8. Untuk berkomunikasi dengan Anda dan mengirimkan Anda informasi sehubungan dengan penggunaan Aplikasi dan/atau Layanan;
    9. Untuk memberitahu Anda mengenai segala pembaruan pada Aplikasi atau perubahan pada Layanan yang tersedia;
    10. Untuk mengolah dan menanggapi pertanyaan dan saran yang diterima dari Anda;
  8. Ketentuan butir 1 - 7 di atas tetap berlaku dan mengikat Pengguna, kami meskipun Layanan, Aplikasi, Akun, dan/atau Syarat dan Ketentuan telah berakhir.

KEWAJIBAN PERNYATAAN DAN JAMINAN

  1. Pengguna hanya dapat mengakses atau menggunakan Aplikasi, Layanan, dan/atau Sistem (a) sesuai dengan Syarat dan Ketentuan ini, (b) untuk tujuan yang sah, dan (c) tidak digunakan untuk tujuan atau tindakan penipuan, pelanggaran hukum, kriminal maupun tindakan, aktifitas, perbuatan atau tujuan lain yang melanggar atau bertentangan dengan hukum, peraturan perundang-undangan yang berlaku maupun hak atau kepentingan pihak manapun. Pengguna bertanggung jawab penuh untuk memeriksa dan memastikan bahwa Pengguna telah mengunduh (download) software yang benar untuk perangkat Pengguna. Kami tidak bertanggung jawab jika Pengguna tidak memiliki perangkat yang kompatibel dengan Sistem atau Aplikasi atau jika Pengguna telah mengunduh (download) versi software yang salah untuk perangkat Pengguna.
  2. Pengguna dilarang untuk menggunakan Layanan, Aplikasi dan/atau Akun atau melakukan Transaksi: (a) untuk tujuan, kegiatan, aktifitas atau aksi yang melanggar hukum atau melanggar hak atau kepentingan (termasuk Hak Kekayaan Intelektual atau hak privasi milik pihak manapun); (b) yang memiliki materi atau unsur yang berbahaya atau yang merugikan pihak manapun; (c) yang mengandung virus software, worm, trojan horses atau kode komputer berbahaya lainnya, file, script, agen atau program; dan (d) yang mengganggu integritas atau kinerja Sistem dan/atau Aplikasi.
  3. Pengguna dilarang untuk melakukan tindakan apapun termasuk dalam atau melalui Aplikasi atau Akun serta dilarang untuk melakukan Transaksi yang dapat merusak atau mengganggu reputasi Kami atau Penyedia Layanan.
  4. Pengguna dengan ini secara tegas menyetujui serta menyatakan dan menjamin bahwa:
    1. Pengguna adalah individu yang secara hukum cakap untuk melakukan tindakan hukum berdasarkan hukum negara Republik Indonesia termasuk untuk mengikatkan diri dalam Syarat dan Ketentuan ini. Jika Pengguna tidak memenuhi syarat ini, Kami berhak untuk sewaktu-waktu
    2. untuk men-nonaktifkan atau mengakhiri penggunaan Akun, Layanan dan/atau Aplikasi, baik untuk sementara waktu maupun untuk seterusnya;
    3. Pengguna memiliki hak, wewenang dan kapasitas untuk menggunakan Layanan dan Akun serta untuk melaksanakan seluruh Syarat dan Ketentuan;
    4. Jika Pengguna melakukan pendaftaran atau mengunduh Aplikasi atas nama suatu badan hukum, persekutuan perdata atau pihak lain, Pengguna dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa Pengguna memiliki kapasitas, hak dan wewenang yang sah untuk bertindak untuk dan atas nama badan hukum, persekutuan perdata atau pihak lain tersebut termasuk tetapi tidak terbatas pada mengikat badan hukum, persekutuan perdata atau pihak lain tersebut untuk tunduk pada seluruh isi Syarat dan Ketentuan;
    5. Pengguna telah membaca seluruh isi Syarat dan Ketentuan serta telah mengerti dan memahami seluruh isi Syarat dan Ketentuan ini dan karenanya mengikatkan diri secara sukarela untuk tunduk dengan serta melaksanakan seluruh Syarat dan Ketentuan ini;
    6. Pengguna menyatakan dan menjamin bahwa dana yang dipergunakan dalam rangka transaksi bukan dana yang berasal dari tindak pidana yang dilarang berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia, pembukaan Akun ini tidak dimaksudkan dan/atau ditujukan dalam rangka upaya melakukan tidak pidana pencucian uang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia, transaksi tidak dilakukan untuk maksud mengelabui, mengaburkan, atau menghindari pelaporan kepada Pusat Pelaporan Dan Analisa Transaksi Keuangan (PPATK) berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia, dan Pengguna bertanggung jawab sepenuhnya serta melepaskan PT GDC Multi Sarana dari segala tuntutan, klaim, atau ganti rugi dalam bentuk apapun, apabila Pengguna melakukan tindak pidana pencucian uang berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia;
    7. Seluruh Data baik yang telah Pengguna sampaikan atau cantumkan maupun yang akan Pengguna sampaikan atau cantumkan baik langsung maupun tidak langsung di kemudian hari atau dari waktu ke waktu adalah benar, lengkap, akurat terkini dan tidak menyesatkan serta tidak melanggar hak (termasuk tetapi tidak terbatas pada hak kekayaan intelektual) atau kepentingan pihak manapun. Penyampaian Data oleh Pengguna kepada Kami atau pada atau melalui Aplikasi atau Sistem tidak bertentangan dengan hukum yang berlaku serta tidak melanggar akta, perjanjian, kontrak, kesepakatan atau dokumen lain dimana Pengguna merupakan pihak atau dimana Pengguna atau aset Pengguna terikat;
    8. Layanan, Aplikasi maupun Akun akan digunakan untuk kepentingan Pengguna sendiri atau untuk kepentingan badan hukum, badan usaha, persekutuan perdata atau pihak lain yang secara sah Pengguna wakili sebagaimana dimaksud butir c di atas;
    9. Pengguna tidak akan memberikan hak, wewenang dan/atau kuasa dalam bentuk apapun dan dalam kondisi apapun kepada orang atau pihak lain untuk menggunakan Data, Akun dan/atau Kode akses dan PIN, dan Pengguna karena alasan apapun dan dalam kondisi apapun tidak akan dan dilarang untuk mengalihkan Akun kepada orang atau pihak manapun; dan
    10. Dalam atau pada saat menggunakan Layanan, Aplikasi dan/atau Akun, Pengguna setuju untuk mematuhi dan melaksanakan seluruh ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku termasuk hukum dan peraturan perundang-undangan di negara Indonesia.
  5. Dengan melaksanakan transaksi melalui Aplikasi GDCPay, Pengguna memahami bahwa seluruh komunikasi dan instruksi dari Pengguna yang diterima oleh Kami akan diperlakukan sebagai bukti solid meskipun tidak dibuat dalam bentuk dokumen tertulis atau diterbitkan dalam bentuk dokumen yang ditandatangani, dan, dengan demikian, Pengguna setuju untuk mengganti rugi dan melepaskan Kami dan rekanan-rekanan Kami dari segala kerugian, tanggung jawab, tuntutan dan pengeluaran (termasuk biaya litigasi) yang dapat muncul terkait dengan eksekusi dari instruksi Pengguna.

PEMBATASAN TANGGUNG JAWAB

  1. Layanan disediakan dalam kondisi “as is” atau “apa adanya”. Kami tidak memberikan pernyataan atau jaminan dalam bentuk apapun atas reliabilitas, keamanan, ketepatan waktu, kualitas, kesesuaian, ketersediaan, akurasi dan/atau kelengkapan Layanan, Aplikasi dan/atau Sistem. Kami tidak memberikan pernyataan atau jaminan dalam bentuk apapun bahwa:
    1. penggunaan Layanan, Aplikasi, Akun dan/atau Sistem (atau bagian daripadanya) akan aman, tepat waktu, tidak terganggu atau bebas dari kesalahan, gangguan, virus atau hambatan lain atau komponen berbahaya lainnya;
    2. Layanan, Aplikasi, Akun dan/atau Sistem dapat tetap beroperasi atau digunakan bersamaan dengan atau dengan kombinasi perangkat (baik hardware maupun software) atau sistem pihak lain yang tidak kami sediakan atau miliki untuk pengoperasian Aplikasi;
    3. Penyediaan Layanan maupun Aplikasi atau kelancaran ber-Transaksi atau penggunaan Akun akan memenuhi persyaratan atau harapan Pengguna;
    4. Kualitas Layanan atau Aplikasi akan memenuhi persyaratan atau harapan Pengguna; dan
    5. Tidak akan ada kesalahan, gangguan atau cacat dari Sistem, Layanan dan/atau Aplikasi.
  2. Pengguna dengan ini mengetahui bahwa Layanan, Aplikasi, Akun dan/atau Sistem mungkin atau dapat mengalami, terdapat atau terjadi pembatasan, keterlambatan, dan/atau masalah lain termasuk yang disebabkan karena atau sehubungan dengan (a) ketidaktersediaan atau terbatasnya jaringan (termasuk jaringan internet) dan/atau penggunaan atau (b) tidak tersedianya, terganggunya, atau tidak berfungsinya fitur tertentu pada perangkat yang Pengguna gunakan.
  3. Pengguna dengan ini mengetahui bahwa terdapat kemungkinan (a) Sistem atau Aplikasi (atau bagian manapun dari Sistem atau Aplikasi) tidak stabil, terganggu, terhenti, tidak berjalan dengan baik, tidak berjalan dengan sempurna dan/atau memiliki beberapa bug, dan/atau (b) Layanan (atau fitur-futur atau bagian-bagian tertentu) dapat berubah, tidak tersedia, dan atas terjadinya hal tersebut Pengguna setuju untuk tidak mengajukan Klaim kepada Kami.
  4. Kami dalam kondisi apapun tidak bertanggung jawab atas segala Klaim dari pihak manapun termasuk Pengguna maupun atas kerugian Pengguna serta pihak manapun yang terjadi sebagai akibat dari atau sehubungan dengan:
    1. kehilangan pendapatan, keuntungan atau pemasukan lainnya;
    2. kehilangan, kerusakan atau cedera yang timbul dari, atau sehubungan dengan penggunaan Pengguna atas Aplikasi, Layanan dan/atau Akun atau atas ketidakmampuan atau kesalahan Pengguna dalam menggunakan Layanan, Aplikasi dan/atau Akun; atau
    3. tuntutan maupun gugatan yang dialami oleh Pengguna yang mungkin timbul sebagai akibat penyampaian informasi dari Pengguna yang tidak lengkap atau akibat tidak dilaksanakannya instruksi Pengguna, antara lain pembatalan, perubahan instruksi (untuk instruksi yang belum dijalankan) yang disampaikan kepada PT GDC Multi Sarana, kecuali jika kerugian tersebut terjadi akibat kesalahan yang disengaja atau kelalaian oleh PT GDC Multi Sarana.
  5. Penyelesaian atas dimungkinkannya terjadinya perselisihan dan/atau sengketa tetap mengedepankan azas musyawarah untuk mencapai mufakat.
  6. Pengguna dengan ini setuju dan mengikatkan diri untuk membebaskan Kami dari segala Klaim dalam bentuk apapun dan dimanapun dalam hal Kami tidak dapat melaksanakan, melanjutkan atau meneruskan Transaksi maupun perintah atau instruksi dari Pengguna melalui Aplikasi atau Akun, baik sebagian maupun seluruhnya, yang disebabkan karena kejadian-kejadian atau hal-hal di luar kekuasaan atau kemampuan Kami termasuk namun tidak terbatas pada (a) segala gangguan virus komputer, (b) sistem trojan horses, (c) komponen atau sistem yang dapat membahayakan serta mengganggu Aplikasi, Layanan dan/atau Akun, (d) layanan atau jasa Internet Service Provider atau jasa atau layanan pihak ketiga lainnya yang tersedia dalam Layanan.
  7. Pengguna dengan ini setuju dan mengikatkan diri untuk membebaskan Kami dari setiap dan seluruh Klaim dalam bentuk apapun, dari pihak manapun dan dimanapun yang diajukan, timbul atau terjadi sehubungan dengan atau sebagai akibat dari:
    1. penggunaan Data oleh Kami berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini atau berdasarkan persetujuan, pengakuan, wewenang, kuasa dan/atau hak yang Pengguna berikan baik secara langsung maupun tidak langsung kepada Kami dalam Syarat dan Ketentuan ini;
    2. pemberian Data baik secara langsung maupun tidak langsung oleh Pengguna kepada Kami atau melalui Aplikasi ini yang Pengguna lakukan secara (i) melanggar atau melawan hukum atau peraturan perundang-undangan yang berlaku, (ii) melanggar hak (termasuk hak kekayaan intelektual) dari atau milik orang atau pihak manapun, atau (iii) melanggar kontrak, kerjasama, kesepakatan, akta, pernyataan, penetapan, keputusan dan/atau dokumen apapun dimana Pengguna merupakan pihak atau dimana Pengguna atau aset Pengguna terikat;
    3. penggunaan Aplikasi, Akun dan/atau Layanan (i) secara tidak sah, (ii) melanggar hukum yang berlaku, (iii) melanggar Syarat dan Ketentuan ini, dan/atau (iv) untuk tindakan atau tujuan penipuan, kriminal, tindakan tidak sah atau tindakan pelanggaran hukum lainnya.
  8. Pengguna dengan ini setuju bahwa Kami akan dibebaskan dari segala tuntutan, jika Kami tidak dapat melaksanakan instruksi dari Pengguna, baik sebagian maupun sepenuhnya yang disebabkan oleh kejadian atau sebab yang berada di luar kendali atau kemampuan Kami, meliputi tetapi tidak terbatas pada bencana alam, peperangan, kerusuhan, kondisi perangkat keras, kegagalan sistem infrastruktur elektronik atau transmisi, gangguan daya, gangguan telekomunikasi, kegagalan sistem kliring atau hal lainnya yang ditetapkan oleh Bank Indonesia atau lembaga berwenang lainnya.
  9. Setelah kejadian yang menyebabkan PT GDC Multi Sarana dan/atau rekanannya tidak dapat melaksanakan instruksi dari Pengguna berakhir, maka PT GDC Multi Sarana dan/atau rekanannya akan melanjutkan kembali instruksi tersebut.
  10. Kami sebagai pihak penyelenggara akan selalu berupaya dalam menjaga keamanan dan keandalan aplikasi yang digunakan oleh pengguna Layanan.
  11. Kami selaku pihak penyelenggara wajib menolak melakukan hubungan usaha, menolak transaksi, membatalkan transaksi, dan/atau menutup hubungan usaha, dalam hal:
    1. Calon Pengguna Jasa, Pengguna Jasa, dan/atau Beneficial Owner tidak memenuhi syarat & ketentuan;
    2. Penyelenggara mengetahui atau patut menduga bahwa calon Pengguna Jasa, Pengguna Jasa, dan/atau Beneficial Owner menggunakan nama fiktif dan/atau anonim ; dan/atau
    3. Penyelenggara meragukan atau tidak dapat meyakini kebenaran identitas calon Pengguna Jasa, Pengguna jasa dan/atau Beneficial Owner.
  12. Kami selaku penyelenggara hanya bertanggungjawab atas kerugian yang Anda alami secara langsung dan dapat dibuktikan terjadi akibat kesalahan kami atau pelanggaran kami atas Syarat dan Ketentuan ini. Jumlah maksimum yang akan kami tanggung dalam kondisi apapun, yaitu berbatas pada jumlah yang paling rendah antara nilai transaksi yang dimaksud (yang tercatat sesuai system kami) atau maksimum senilai Rp.10.000.000 (Sepuluh Juta Rupiah).

Keamanan Data

  • GDCPay berkomitmen untuk memastikan keamanan data Anda. Kami menerapkan langkah-langkah standar industri untuk melindungi informasi pribadi Anda dari akses yang tidak sah, pengungkapan, perubahan, dan penghancuran. Langkah-langkah ini mencakup enkripsi, kontrol akses, dan penilaian keamanan secara berkala. Meskipun kami berupaya untuk menjaga keamanan data Anda, penting untuk diakui bahwa tidak ada metode transmisi melalui internet atau penyimpanan elektronik yang sepenuhnya aman. Namun, kami terus berusaha meningkatkan dan memperbarui protokol keamanan kami untuk memberikan pengalaman pengguna yang aman.

HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL

  1. Seluruh Sistem dan Aplikasi termasuk tetapi tidak terbatas pada seluruh: (a) layout, desain dan tampilan Aplikasi yang terdapat dalam atau ditampilkan pada media Aplikasi Pengguna; (b) logo, foto, gambar, nama, merek, kata, huruf-huruf, angka-angka, tulisan, dan susunan warna yang terdapat dalam Aplikasi; dan (c) kombinasi dari unsur-unsur sebagaimana dimaksud dalam huruf (a) dan (b), sepenuhnya merupakan Hak Kekayaan Intelektual milik Kami dan tidak ada pihak lain yang turut memiliki hak atas Aplikasi maupun atas layout, desain dan tampilan Aplikasi.
  2. Pengguna tetap memiliki kepemilikan dan hak kekayaan intelektual terhadap gambar yang mereka kirimkan ke Aplikasi GDCPay. Kami tidak memiliki hak atas kepemilikan atau hak kekayaan intelektual atas gambar yang dikirimkan Pengguna.
  3. Pengguna dengan ini memberikan izin kepada GDCPay untuk menggunakan gambar yang dikirimkan untuk keperluan verifikasi KYC (Know Your Customer), termasuk namun tidak terbatas pada menampilkan gambar tersebut dalam Aplikasi atau untuk keperluan promosi yang terkait dengan Aplikasi.
    1. Dalam hal penggunaan gambar untuk verifikasi KYC, GDCPay akan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menjaga keamanan dan kerahasiaan informasi Pengguna sebagaimana diatur dalam kebijakan privasi GDCPay.
    2. Pengguna tetap memiliki kendali atas gambar yang dikirimkan dan dapat mengajukan pertanyaan atau keluhan melalui saluran pengaduan yang disediakan sebagaimana dijelaskan pada bagian T. BANTUAN PENGADUAN PENGGUNA.

PEMBLOKIRAN AKUN

Pemblokiran akun Pengguna akan dilakukan berdasarkan beberapa kondisi berikut:

  1. Pengguna salah menginput OTP selama 3x berturut turut maka akan dilakukan pemblokiran selama 30 menit.

    Pengguna salah menginput OTP selama 6x berturut turut maka akan dilakukan pemblokiran selama 30 menit.

    Pengguna salah menginput OTP selama 9x berturut turut maka akan dilakukan pemblokiran secara permanen

  2. Pengguna salah menginput kode akses selama 3x berturut turut maka akan dilakukan pemblokiran selama 30 menit.

    Pengguna salah menginput kode akses selama 6x berturut turut maka akan dilakukan pemblokiran selama 30 menit.

    Pengguna salah menginput kode akses selama 9x berturut turut maka akan dilakukan pemblokiran secara permanen.

  3. Pengguna salah menginput PIN selama 3x berturut turut maka akan dilakukan pemblokiran selama 30 menit.

    Pengguna salah menginput PIN selama 6x berturut turut maka akan dilakukan pemblokiran selama 30 menit.

    Pengguna salah menginput PIN selama 9x berturut turut maka akan dilakukan pemblokiran secara permanen.

  4. Pengguna masuk dalam Daftar Terduga Teroris atau Organisasi Terlarang (DTTOT).
  5. Laporan Pengguna bahwa telepon seluler hilang/telah dicuri/diretas.
  6. Perintah pemblokiran yang diterbitkan oleh institusi pemerintah/ moneter/berdasarkan perintah pengadilan/permintaan regulator.
  7. Penggunaan akun GDCPay dan/atau layanan GDCPay dengan cara yang bertentangan dengan syarat dan ketentuan GDCPay, kebijakan privasi dan setiap ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Termasuk namun tidak terbatas pada penipuan dan penggunaan dokumen palsu.
  8. Ketika Sistem GDCPay menangkap pola transaksi keuangan yang mencurigakan.
  9. Tindakan atau transaksi yang merugikan Kami atau Pengguna.
  10. Berdasarkan analisa Kami atas aktivitas Pengguna yang dinilai dengan bukti yang cukup dapat dilakukan tindakan investigasi.

PEMBUKAAN BLOKIR

  1. Pembukaan akun yang terblokir atas kondisi pada butir L1, L2 dan L3 akan kembali terbuka setelah masa tunggu pemblokiran berakhir. Dan jika pemblokiran secara permanen dikarenakan kesalahan sebanyak 9x, pengguna wajib menghubungi Customer Service untuk bisa membuka blokir akun.
  2. Pembukaan akun yang terblokir atas kondisi pada butir L4, L5, L6, L7, L8, L9 dan L10 akan kembali dibuka apabila Pengguna memiliki bukti bahwa tidak terjadi transaksi keuangan yang mencurigakan. Dan Pengguna dapat mengajukan keluhan sesuai dengan yang tertera pada Syarat dan Ketentuan yang berlaku.

PENUTUPAN AKUN

  1. Pengguna dapat melakukan penutupan akun melalui Customer Service GDCPay. Fitur ini hanya berlaku untuk Pengguna dengan kategori Pengguna Terdaftar.
  2. Dalam melakukan penutupan akun, berlaku untuk semua jenis pengguna baik Terdaftar dan Tidak Terdaftar. Adapun proses pengecekan saldo memiliki 3 (tiga) kondisi sebagai berikut:
    1. Jika saldo Pengguna bernilai ≤Rp. 2.500,-, maka Customer Service langsung menutup akun GDCPay Pengguna.
    2. Jika saldo Pengguna bernilai ≥Rp. 2.500,-, maka Customer Service mengarahkan Pengguna untuk melakukan proses Tarik Dana pada aplikasi GDCPay atau melakukan Transfer Dana ke akun GDCPay lain setelah proses pengaduan selesai. Pengguna harus melakukan penarikan seluruh sisa saldo yang ada ditambah biaya penutupan akun senilai Rp. 2.500,-
    3. Jika saldo Pengguna tidak bernilai ≤Rp. 2.500,- dan Pengguna tidak ingin melakukan tarik dana atau Transfer Dana GDCPay, maka proses Penutupan akun akan dihentikan dan Customer Service menginformasikan kepada Pengguna bahwa saldo diwajibkan kosong untuk melakukan Penutupan akun.

KEADAAN DILUAR KENDALI

Apabila terjadi suatu peristiwa yang berada di luar kendali atau lazim disebut dengan istilah Force Majeur, yang mungkin menyebabkan tidak terlaksananya atau tertundanya sebagian maupun keseluruhan kewajiban GDCPay, maka tidak akan dianggap sebagai pelanggaran dan tidak ada satu pihak pun yang akan diminta pertanggung jawabannya. Hal ini termasuk namun tidak terbatas pada bencana alam, kebakaran, pemogokan buruh, perang, huru-hara, pemberontakan atau tindakan pihak/instansi berwenang yang mempengaruhi kelangsungan penyediaan layanan telekomunikasi maupun adanya keputusan dari instansi yang berwenang.

HUKUM YANG BERLAKU DAN PENYELESAIAN PERSELISIHAN

  1. Syarat dan Ketentuan ini diatur dan ditafsirkan berdasarkan hukum Negara Republik Indonesia.
  2. Segala perselisihan atau pertentangan yang timbul sehubungan dengan atau terkait dengan hal-hal yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan (maupun bagian daripadanya) termasuk perselisihan yang disebabkan karena adanya atau dilakukannya perbuatan melawan hukum atau pelanggaran atas satu atau lebih Syarat dan Ketentuan ini (“Perselisihan”) wajib diselesaikan dengan cara sebagai berikut:
    1. salah satu pihak baik Pengguna atau Kami (“Pihak Pertama”) wajib menyampaikan pemberitahuan tertulis kepada pihak lainnya (“Pihak Kedua”) atas telah terjadinya Perselisihan (“Pemberitahuan Perselisihan”). Perselisihan wajib diselesaikan secara musyawarah mufakat dalam waktu paling lambat 90 (sembilan puluh) hari kalender sejak tanggal Pemberitahuan Perselisihan Perselisihan (“Periode Penyelesaian Musyawarah”);
    2. jika Perselisihan tidak dapat diselesaikan secara musyawarah mufakat sampai dengan berakhirnya Periode Penyelesaian Musyawarah, Pihak Pertama dan Pihak Kedua wajib untuk bersama-sama menunjuk pihak ketiga (“Mediator”) sebagai mediator untuk menyelesaikan Perselisihan dan penunjukan tersebut wajib dituangkan dalam bentuk tertulis yang ditandatangani bersama oleh Pihak Pertama dan Pihak Kedua.
    3. Pengguna wajib untuk menanggung seluruh biaya, ongkos dan pengeluaran yang telah atau mungkin Kami keluarkan atau bayarkan dalam rangka penyelesaian Perselisihan (termasuk tetapi tidak terbatas pada biaya, ongkos dan pengeluaran untuk menghadiri sidang arbitrase serta untuk mempersiapkan dan mengajukan segala pembelaan, gugatan, tuntutan, informasi, bukti, keterangan dan/atau dokumen apapun dalam rangka pelaksanaan atau selama proses sidang arbitrase) sampai dengan adanya putusan arbitrase yang final dan mengikat;
    4. Kecuali disyaratkan berdasarkan hukum yang berlaku atau diminta berdasarkan permintaan, keputusan atau penetapan resmi yang diterbitkan, dikeluarkan atau dibuat oleh pengadilan atau instansi pemerintah yang berwenang, selama proses penyelesaian Perselisihan sebagaimana diatur di atas sampai dengan adanya keputusan yang sah, final dan mengikat Pihak Pertama dan Pihak Kedua, maka Pihak Pertama dan Pihak Kedua wajib untuk merahasiakan segala informasi terkait dengan Perselisihan maupun proses penyelesaiannya dan karenanya dilarang untuk dengan cara apapun menginformasikan, memberitahukan atau mengumumkan kepada pihak manapun adanya Perselisihan tersebut maupun proses penyelesaiannya termasuk tetapi tidak terbatas melalui media massa (koran, televisi atau media lainnya) dan/atau media sosial. Jika Pengguna melanggar ketentuan butir (d) ini, Pengguna dengan ini mengetahui dan setuju bahwa seluruh atau sebagian hak Pengguna untuk menggunakan Layanan, Aplikasi, Akun dapat sewaktu-waktu diakhiri atau dinon-aktifkan oleh Kami baik untuk sementara waktu maupun untuk seterusnya.

MASA BERLAKU DAN PENGAKHIRAN

  1. Perjanjian ini berlaku selama Pengguna belum melakukan penutupan Akun dan uang elektronik pada Pengguna Terdaftar atau Layanan GDCPay.
  2. Pengguna dengan ini sepakat untuk mengesampingkan ketentuan Pasal 1266 ayat (2) dan (3) Kitab Undang-undang Hukum Perdata sehingga Syarat dan Ketentuan, Aplikasi dan/atau Layanan dapat diakhiri (baik sebagian maupun seluruhnya, baik sementara waktu maupun seterusnya) sesuai dengan Syarat dan Ketentuan tanpa diperlukan adanya keputusan atau penetapan dari hakim pengadilan.
  3. GDCPay berhak menolak transaksi atau membatalkan transaksi, jika:
    1. GDCPay mengetahui bahwa Pengguna menggunakan nama fiktif dan/atau anonim;
    2. GDCPay meragukan atau tidak dapat meyakini kebenaran identitas calon Pengguna;
    3. Pengguna melakukan penyalahgunaan terhadap transaksi GDCPay yang dilakukan (mengandung fraud); dan/atau
    4. Pengguna melakukan pelanggaran terhadap satu atau lebih aturan dalam Syarat dan Ketentuan ini.
  4. Pengguna sepakat dan mengikatkan diri untuk tidak melakukan tindakan apapun yang dapat membatasi, menghambat dan/atau mengurangi satu atau lebih hak dan/atau wewenang Kami berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini maupun hukum yang berlaku.

KETENTUAN LAIN

  1. Seluruh persetujuan, kuasa, wewenang dan/atau hak yang Pengguna berikan kepada Kami dalam Syarat dan Ketentuan ini tidak dapat berakhir karena alasan apapun termasuk karena alasan-alasan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1813, 1814, dan 1816 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata selama Pengguna masih menggunakan Layanan atau Aplikasi atau masih menggunakan dan/atau memiliki Akun.
  2. Pengguna dengan ini membebaskan Kami dari seluruh Klaim sehubungan dengan pelaksanaan segala tindakan Kami berdasarkan kuasa, wewenang dan/atau hak yang Pengguna berikan kepada Kami dalam atau berdasarkan Syarat dan Ketentuan maupun pelaksanaan hak atau wewenang Kami berdasarkan Syarat dan Ketentuan.

BANTUAN PENGADUAN PENGGUNA

  1. Untuk setiap keluhan/pertanyaan sehubungan dengan penggunaan GDCPay, Pengguna dapat mengajukan pengaduan secara lisan maupun tertulis melalui:
    1. Email: helpdesk@gdc.go.id
    2. Nomor Telepon: (031) 9953 5279
    3. Whatsapp: 081 133 2011 / 081 139 2018
  2. Adapun jam operasional dalam melakukan pengaduan adalah sebagai berikut:
    1. Senin s.d Jumat: 08.30 – 17.00 WIB
  3. Untuk keperluan penanganan keluhan/pengaduan tersebut, GDCPay berhak meminta Pengguna untuk melampirkan identitas diri Pengguna dan dokumen pendukung lainnya.
  4. Pengaduan akan ditindaklanjuti paling lambat dalam jangka waktu 1 (Satu) hari x 24 jam kerja sejak diterimanya pengaduan, dimana:
    1. Batas waktu untuk Customer Service dalam merespon pengaduan pengguna secara lisan (by Phone) adalah secara langsung.
    2. Batas waktu untuk Customer Service dalam merespon pengaduan pengguna secara tulisan (by Email) adalah maksimal 2 jam.
    3. Batas waktu untuk Customer Service dalam menyelesaikan pengaduan pengguna secara lisan adalah maksimal 5 hari kerja.
    4. Batas waktu untuk Customer Service dalam merespon pengaduan pengguna secara tulisan adalah maksimal 20 hari kerja, dengan maksimal perpanjangan 20 hari kerja.
  5. GDCPay wajib menyampaikan hasil penanganan pengaduan secara tertulis kepada Pengguna dan/atau pihak yang mewakili Pengguna.

PENUTUP

  1. Pada saat Pengguna mengunduh Aplikasi GDCPay, Pengguna mengakui dan telah memahami, menerima dan menyetujui seluruh Syarat dan Ketentuan yang akan berlaku sebagai perjanjian antara Pengguna dengan PT GDC Multi Sarana, beserta rekanan PT GDC Multi Sarana yang tergabung dalam Layanan Aplikasi ini.
  2. Mengingat bahwa PT GDC Multi Sarana hanya sebagai Penyelenggara layanan, maka Kami tidak bertanggung jawab terhadap ketersediaan Layanan yang sepenuhnya merupakan tanggung jawab pihak Penyedia Layanan.
  3. Apabila Pengguna tidak menyetujui atau tidak dapat terikat baik sebagian maupun seluruh syarat dan ketentuan ini, maka Pengguna tidak diperbolehkan untuk menggunakan GDCPay.

Tanggal Berlaku

Ketentuan-ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini merupakan versi yang Kami berlakukan secara efektif sejak tanggal 28 Maret 2024.