Download GDC via Google Play
Home / Syarat dan Ketentuan

KEBIJAKAN
PRIVASI

SYARAT DAN KETENTUAN

Terima Kasih telah mengunduh Aplikasi GDCPay. Dengan mengunduh dan/atau menggunakan Aplikasi GDCPay, selanjutnya anda selaku user setuju bahwa telah membaca serta memahami Syarat dan Ketentuan ini. Aplikasi GDCPay merupakan aplikasi perangkat lunak yang berfungsi sebagai sarana untuk melakukan transaksi pembayaran layanan yang disediakan oleh Penyelenggara. Jenis pembayaran layanan yang dapat dilakukan melalui GDCPay antara lain:

  1. Pembelian Pulsa;
  2. Pembelian Token Listrik;
  3. Pembayaran TV & Internet;
  4. Pembayaran BPJS;
  5. Pembayaran Tagihan Listrik;
  6. Pembayaran PLN Non Taglis; dan
  7. Layanan lain yang dapat kami tambahkan dari waktu ke waktu ("Layanan").

PT GDC Multi Sarana adalah suatu perseroan yang bergerak di bidang teknologi dan didirikan berdasarkan hukum Negara Republik Indonesia.

PANDUAN SINGKAT
  1. Aplikasi GDCPay merupakan aplikasi perangkat lunak berbasis mobile dimana seluruh instruksi yang dilakukan oleh user akan dilakukan secara online melalui aplikasi GDCPay.
  2. User adalah pengguna aplikasi GDCPay dan pemilik akun GDCPay.
  3. Uang deposit adalah saldo GDCPay.
  4. Aplikasi GDCPay dapat dioperasikan melalui smartphone (minimal Sistem Operasi 19 atau Kitkat ke atas) melalui Google Play Store.
  5. Untuk mengakses layanan GDCPay, user harus mengunduh dan melakukan instalasi aplikasi GDCPay di smartphone dan melakukan registrasi.
  6. Setiap nomor handphone hanya dapat digunakan untuk 1 akun GDCPay.
  7. Untuk mencegah penggunaan akses oleh pihak yang tidak berwenang, user akan diminta melakukan otorisasi menggunakan 2 jenis informasi keamanan, yakni Kode Akses dan PIN, dimana informasi ini hanya di ketahui oleh user.
  8. Sebagai tindakan pengamanan, sebaiknya user menjaga kerahasiaan Kode Akses dan PIN agar hak akses tidak berpindah ke sembarang orang yang tidak berkepentingan. Disarankan juga untuk mengganti Kode Akses dan PIN secara berkala minimal 1 bulan sekali agar kerahasiaan data akses lebih terjaga.
  9. Penyelenggara akan memastikan kerahasiaan dan keamanan informasi diri yang diberikan oleh user. Penggunaan data User akan dilakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  10. User dapat menanyakan atau memberi masukkan kepada kami melalui Layanan saran dan kritik yang tertera pada aplikasi GDCPay. User juga dapat melakukan pengaduan berupa keluhan maupun pertanyaan dengan cara menghubungi Customer Service GDCPay. Cara melakukan pengaduan serta response time akan di jelaskan pada Syarat dan Ketentuan ini.
  11. Penyelenggara tidak pernah melakukan komunikasi dengan user terkait Kode Akses maupun PIN.
KETENTUAN PENGGUNAAN APLIKASI
  1. Saat melakukan pendaftaran di aplikasi GDCPay, user wajib memasukkan data dengan lengkap dan benar.
  2. Saat membuat dan mendaftarkan akun GDCPay, user wajib menggunakan nomor pribadi milik user sendiri. Segala akibat yang timbul karena menggunakan nomor pihak lain akan menjadi tanggung jawab user sepenuhnya.
  3. Saat membuat akun GDCPay, user wajib menggunakan perangkat (smartphone) pribadi milik user sendiri. Segala bentuk kehilangan atau kerugian yang timbul karena menggunakan perangkat pihak lain akan menjadi tanggung jawab user sepenuhnya.
  4. Setiap melakukan transaksi pembayaran, user wajib memasukkan informasi keamanan berupa PIN sebagai otorisasi transaksi.
  5. Apabila nomor dan/atau perangkat user dicuri, hilang atau terjadi hal diluar dugaan yang dapat menimbulkan penyalahgunaan, maka user dapat segera menghubungi Layanan Customer Service GDCPay untuk melakukan pemblokiran. Pemblokiran tersebut akan tetap berjalan sampai GDCPay menerima pengajuan pembukaan pemblokiran atas nama user. Selama pemberitahuan pencurian atau kehilangan belum diterima oleh GDCPay, maka setiap transaksi yang dilakukan dengan nomor ponsel yang terdaftar menjadi tanggung jawab user sepenuhnya.
  6. Untuk menjaga ketersediaan pembaruan data, user wajib memberitahukan perubahan data user melalui aplikasi GDCPay.
  7. Penutupan akun dapat dilakukan dengan mengunjungi kantor GDC atau melalui Layanan Customer Service dengan melakukan pengaduan/pengajuan penutupan akun.
  8. Dalam hal meningkatkan layanan, user dianjurkan untuk melakukan peningkatan versi (upgrade) aplikasi GDCPay secara berkala. Kelalaian user dalam melakukan peningkatan versi (upgrade) aplikasi GDCPay dapat mengakibatkan user tidak dapat menikmati fitur terbaru dari aplikasi GDCPay.
  9. Apabila terdapat perbedaan saldo antara saldo GDCPay dan histori transaksi user, maka yang digunakan sebagai acuan adalah data yang tersimpan pada pusat data elektonik GDCPay.
  10. Semua informasi yang di isi oleh user dapat digunakan oleh Penyelenggara dalam waktu tidak terbatas kecuali sampai user “menghapus akun” pada aplikasi GDCPay.
  11. Dengan ini user akan mengikuti syarat dan ketentuan yang akan ditetapkan oleh Penyelenggara pada masa mendatang.
KATEGORI USER

Aplikasi GDCPay menawarkan 2 (dua) jenis klasifikasi pelanggan dengan jenis layanan GDCPay atau fitur-fitur layanan yang berbeda. Klasifikasi pelanggan tersebut adalah:

1. User Unregistered

User unregistered merupakan pengguna Aplikasi GDCPay individu yang identitasnya tidak terdaftar dan tidak tercatat pada Sistem GDCPay. Klasifikasi ini memungkinkan User dapat menikmati fasilitas uang deposit “unregistered”. Untuk mendapatkan layanan yang lebih dari GDCPay, user dapat meng-upgrade status dari User Unregistered menjadi User Registered, dengan fitur layanan GDCPay yang lebih beragam.

2. User Registered

User Registered merupakan pengguna Aplikasi GDCPay individu yang identitasnya terdaftar dan tercatat pada Sistem GDCPay. Klasifikasi ini memungkinkan user dapat menikmati fasilitas uang deposit “registered”, dan fitur layanan lainnya yang dapat Kami tambahkan dari waktu ke waktu.

Berikut adalah tabel perbedaan antara User Unregistered dan User Registered:

User Unregistered User Registered
Maksimum saldo GDCPay adalah Rp2.000.000 Maksimum saldo GDCPay adalah Rp10.000.000
Maksimum nilai transaksi incoming Rp.20.000.000,-/bulan Maksimum nilai transaksi incoming Rp.20.000.000,-/bulan
Layanan:
  • Top Up
  • Pembayaran Biller/Merchant
Layanan:
  • Top Up
  • Pembayaran Biller/Merchant
Tidak dapat melakukan penutupan akun Dapat melakukan penutupan akun

Berikut adalah tabel biaya yang dikenakan ke user saat menikmati fitur GDCPay:

No Jenis Layanan Biaya
1 Biaya Registrasi Rp.0
2 Biaya Top Up melalui channel Bank Rp.0
3 Biaya Top Up Tunai via Kantor Rp.0
4 Biaya Tarik Tunai via Kantor Rp.0
5 Biaya Bayar Ke Merchant Rp.0
6 Biaya Transfer Saldo Rp.0
7 Biaya Top Up Transfer via virtual account Rp.1.500,00
8 Biaya Tarik Dana Rp.2.500,00
JENIS PRODUK
  1. GDCPay adalah saldo uang deposit yang dapat digunakan untuk berbagai macam transaksi pembayaran.
  2. Pelanggan dapat melakukan top up (atau menambah) saldo yang tersedia.
PERNYATAAN DAN JAMINAN
  1. Dengan ini user menyatakan dan menjamin bahwa berdasarkan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, user merupakan individu yang dapat, cakap atau diperbolehkan menggunakan layanan yang disediakan oleh GDCPay;
  2. Dengan ini user menyatakan dan menjamin akan bertanggung jawab sepenuhnya atas semua layanan yang diakses pada GDCPay menggunakan nomor akun user;
  3. Dengan ini user tidak akan memberikan hak, wewenang dan/atau kuasa dalam bentuk apapun dan dalam kondisi apapun kepada orang atau pihak lain untuk menggunakan data, akun dan/atau PIN dan dilarang untuk mengalihkan rekening kepada orang atau pihak manapun;
  4. Dengan ini user menyatakan dan menjamin bahwa data dan informasi yang di daftarkan atau diberikan adalah benar, akurat dan lengkap dan tidak menyesatkan dalam bentuk apapun;
  5. Dengan ini user menyatakan dan menjamin bahwa saldo GDCPay yang dipergunakan dalam layanan transaksi tidak berasal dari tindak pidana yang dilarang berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia, pembukaan akun tidak dimaksudkan dan/atau ditujukan dalam rangka upaya melakukan tindak pidana pencucian uang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia, transaksi tidak dilakukan untuk maksud mengelabui, mengaburkan, atau menghindari pelaporan kepada Pusat Pelaporan Dan Analisa Transaksi Keuangan (PPATK) berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia dan Pengguna bertanggung jawab sepenuhnya serta melepaskan GDCPay dari segala tuntutan, klaim, atau ganti rugi dalam bentuk apapun apabila user ternyata melakukan tindak pidana pencucian uang berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia;
TANGGUNG JAWAB KAMI
  1. GDCPay akan bertanggung jawab kepada user setara dengan nilai kerugian materiil yang dialami oleh user apabila terdapat putusan Pengadilan Negeri yang berkekuatan hukum tetap.
  2. GDCPay tidak bertanggung jawab mengganti kerugian finansial kepada user sepanjang kerugian tersebut disebabkan oleh kesalahan atau kelalaian user.
  3. GDCPay wajib menjaga kerahasiaan data dan/atau informasi user.
  4. GDCPay berhak memastikan itikad baik user dan mendapatkan informasi dan/atau dokumen mengenai user yang akurat, jujur, jelas, dan tidak menyesatkan.
  5. GDCPay wajib menerima, menangani, dan menyelesaikan setiap pengaduan yang disampaikan oleh user dan/atau perwakilan user yang terkait dengan kegiatan transaksi GDCPay baik lisan maupun tulisan.
  6. GDCPay menggunakan keamanan yang tepat untuk menjaga Aplikasi agar terbebas dari gangguan dan kesalahan yang mungkin terjadi. Namun demikian, tidak ada sistem keamanan yang tidak dapat ditembus. Oleh karena itu GDCPay tidak dapat menjamin keamanan database sehingga informasi yang berikan mungkin akan terganggu saat sedang dikirimkan kepada GDCPay.
  7. GDCPay tidak bertanggung jawab atas keterlambatan, kegagalan pengiriman, kerusakan atau kerugian yang diakibatkan oleh keterbatasan, penundaan, dan masalah-masalah lain yang terdapat dalam penggunaan internet, termasuk perangkat yang digunakan oleh user atau Penyedia Layanan rusak, tidak terhubung, berada di luar jangkauan, dimatikan atau tidak berfungsi.
PEMBATASAN TANGGUNG JAWAB
  1. Untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan data, maka user wajib mengingat dan menjaga kerahasiaan informasi akun yang dimilikinya antara lain namun tidak terbatas pada data yang digunakan dan didaftarkan. User bertanggung jawab sepenuhnya atas segala akibat dan risiko yang timbul sehubungan dengan kelalaian user dalam menjaga kerahasiaan informasi data yang dimilikinya.
  2. Jika terjadi kehilangan perangkat baik karena pencurian, kehilangan atau alasan apapun maka user wajib segera menghubungi Customer Service GDCPay untuk melakukan pemblokiran atas akun GDCPay. User dengan ini membebaskan dan melepaskan GDCPay dari segala risiko dan akibat yang timbul atas kelalaian user oleh karenanya user wajib bertanggungjawab secara penuh.
  3. Apabila Transaksi telah diselesaikan maka user dengan ini mengakui dan menyetujui bahwa transaksi TIDAK DAPAT ditarik kembali dengan alasan apapun juga dan Transaksi akan tetap diproses sesuai dengan informasi dan data yang telah didaftarkan dan dimasukkan oleh user.
KEADAAN DILUAR KENDALI

Apabila terjadi suatu peristiwa yang berada di luar kendali atau lazim disebut dengan istilah Force Majeur, yang mungkin menyebabkan tidak terlaksananya atau tertundanya sebagian maupun keseluruhan kewajiban GDCPay, maka tidak akan dianggap sebagai pelanggaran dan tidak ada satu pihak pun yang akan diminta pertanggung jawabannya. Hal ini termasuk namun tidak terbatas pada bencana alam, kebakaran, pemogokan buruh, perang, huru-hara, pemberontakan atau tindakan pihak/instansi berwenang yang mempengaruhi kelangsungan penyediaan layanan telekomunikasi maupun adanya keputusan dari instansi yang berwenang.

HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL
  1. Segala bentuk aset yang terdapat pada Sistem dan Aplikasi GDCPay termasuk tetapi tidak terbatas pada: (a) layout, desain dan tampilan; (b) logo, merk, foto, gambar, nama, merek, kata, huruf-huruf, angka-angka, tulisan, dan susunan warna; dan (c) kombinasi dari unsur-unsur sebagaimana dimaksud dalam huruf (a) dan (b), sepenuhnya merupakan Hak Kekayaan Intelektual milik GDCPay dan tidak ada pihak lain yang turut memiliki hak atas Aplikasi. User dilarang untuk dengan cara apapun dan dalam kondisi apapun menggunakan Hak Kekayaan Intelektual milik GDCPay tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari GDCPay.
  2. Apabila user melakukan pelanggaran diatas maka akan dianggap sebagai pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan, dan dengan ini GDCPay berhak mengajukan klaim dan/atau tuntuan terhadap user termasuk namun tidak terbatas pada mendapatkan ganti rugi untuk setiap kerugian yang dialami oleh GDCPay.
MASA BERLAKU DAN PENGAKHIRAN
  1. Syarat dan Ketentuan ini akan berlaku selama user memiliki akun GDCPay aktif atau belum melakukan penutupan akun.
  2. User dapat melakukan penutupan akun melalui Customer Service GDCPay. Adapun user yang dapat melakukan penutupan akun hanya berlaku untuk user dengan kategori User Registered. Untuk User Unregistered, maka harus melakukan perubahan status terlebih dahulu menjadi User Registered.
  3. GDCPay berhak menolak transaksi atau membatalkan transaksi, jika:
    1. GDCPay mengetahui bahwa user menggunakan nama fiktif dan/atau anonim;
    2. GDCPay meragukan atau tidak dapat meyakini kebenaran identitas calon user;
    3. User melakukan penyalahgunaan terhadap transaksi GDCPay yang dilakukan (mengandung fraud); dan/atau
    4. User melakukan pelanggaran terhadap satu atau lebih aturan dalam Syarat dan Ketentuan ini.
DOMISILI PENYELESAIAN HUKUM YANG BERLAKU
  1. Keabsahan, penafsiran dan pelaksanaan dari syarat dan ketentuan ini diatur dan tunduk sepenuhnya pada peraturan hukum yang berlaku di negara Republik Indonesia.
  2. Perselisihan yang timbul antara user dan GDCPay berdasarkan syarat dan ketentuan ini akan diselesaikan secara musyawarah untuk mencapai mufakat.
  3. Apabila dalam waktu 30 (tiga puluh) Hari Kerja cara musyawarah untuk mencapai mufakat tersebut tidak tercapai, maka antara user dan GDCPay sepakat untuk menyelesaikan segala perselisihan yang timbul melalui Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI).
BANTUAN PENGADUAN USER
  1. Untuk setiap keluhan/pertanyaan sehubungan dengan penggunaan GDCPay, user dapat mengajukan pengaduan secara lisan maupun tertulis melalui:
    1. Email: helpdesk@gdc.go.id
    2. Nomor Telepon: (031) 535 9393
    3. Whatsapp: 0811 322 9997
    4. Instagram: @gdcpay.id
    5. Facebook: GDCPay
    6. Youtube: GDC
  2. Adapun jam operasional dalam melakukan pengaduan adalah sebagai berikut:
    1. Senin s.d Jumat: 08.00 – 17.00 WIB
    2. Sabtu: 08.00 – 13.00 WIB
    3. Minggu dan Hari Libur Nasional: Libur
  3. Untuk keperluan penanganan keluhan/pengaduan tersebut, GDCPay berhak meminta user untuk melampirkan identitas diri user dan dokumen pendukung lainnya.
  4. Pengaduan akan ditindaklanjuti paling lambat dalam jangka waktu 2 (dua) hari kerja sejak diterimanya pengaduan, dimana:
    1. Penanganan pengaduan harus diselesaikan dalam jangka waktu paling lama 20 (dua puluh) hari kerja sejak pengaduan diterima dan disertai dengan dokumen pendukung secara lengkap.
    2. Dalam hal penanganan pengaduan tidak dapat diselesaikan dalam jangka waktu 20 (dua puluh) hari kerja, maka penyelesaian pengaduan dapat diperpanjang paling lama 20 (dua puluh) hari kerja dengan ketentuan sesuai Peraturan Bank Indonesia
  5. GDCPay wajib menyampaikan hasil penanganan pengaduan secara tertulis kepada user dan/atau pihak yang mewakili user.
PENUTUP

Pada saat user mengunduh Aplikasi GDCPay, User mengakui dan telah memahami, menerima dan menyetujui seluruh Syarat dan Ketentuan yang akan berlaku sebagai perjanjian antara User dengan PT GDC Multi Sarana, beserta rekanan PT GDC Multi Sarana yang tergabung dalam Layanan Aplikasi ini.

Mengingat bahwa PT GDC Multi Sarana hanya sebagai Penyelenggara layanan, maka Kami tidak bertanggung jawab terhadap ketersediaan Layanan yang sepenuhnya merupakan tanggung jawab pihak Penyedia Layanan.

Apabila user tidak menyetujui atau tidak dapat terikat baik sebagian maupun seluruh syarat dan ketentuan ini, maka user tidak diperbolehkan untuk menggunakan GDCPay.